Minggu, 09 Juni 2013

Habits #1

Habits adalah segala sesuatu yang kita lakukan secara otomatis, bahkan kita melakukannya tanpa berfikir. Habits adalah suatu aktivitas yang dilakukan terus-menerus sehingga menjadi bagian daripada manusia. Dia adalah kebiasaan kita. (Felix Y. Siauw, Habits hal 13).

Sebagai contoh adalah ketika kita melihat para penulis, begitu mudahnya mereka menuangakan apa yang ada dalam benaknya kedalam tulisan, sehingga menjadi sebuah artikel, makalah atau buku, yang enak dibaca dan mudah dipahami.



Contoh lain adalah ketika kita melihat seorang da'i yang begitu piawai dalam beretorika di depan publik. Seolah-olah kata-kata mengalir dengan begitu mudahnya dari kedua bibirnya. Audiens pun begitu khusyuk mendengarkanya, kata-katanya mudah dipahami, dalil-dalil begitu mudah mereka tautkan dengan fakta yang sedang dibahas.

Semua itu adalah Habits, kebiasaan yang melekat pada diri seseorang karena berulang-ulang dilakukan.

Habits bukanlah bawaan dari lahir, habits bisa ada karena kita melakukannya berulang-ulang dan konsisten terhadapnya. Maka pada dasarnya habits bisa dibentuk sesuai dengan keinginan kita. Apakah kita menginginkan habits yang baik atau habits yang buruk.

Nah habits apakah yang anda inginkan? rencanakan sekarang, tulis dan konsistenlah terhdap habits yang anda rencanakan tersebut. Misalnya anda ingin habits sholat lima waktu berjama'ah di masjid, maka anda harus konsisten terhadap rencana tersebut, paksa diri anda ketika timbul rasa malas pergi ke masjid saat adzan berkumandang.

Bismillah semoga menulis bisa menjadi habits baru saya. menulis apapun yang bisa saya tulis. karena saya masih belajar menulis.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;