Kamis, 06 Juni 2013

Dakwah Yuk

Dakwah adalah aktivitas para Nabi dan Rosul, Nabi dan Rosul diutus ke dunia ini untuk berdakwah, mendakwahkan tauhid, menyembah hanya kepada Allah SWT.

Banyak diantara kita tidak menyadari bahwa aktivitas ini adalah kewajiban, Dakwah bukan hanya kewajiban para Ulama, Ustadz atau Kiayi namun semua yang mengaku Muslim maka memikul kewajiban ini.

Sesuai dengan Firman Allah SWT



“Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar ; merekalah orang-orang yang beruntung” (TQS. Al-Imran : 104)

dan juga sabda Kanjeng Rosul Muhammad saw




مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ

“Siapa saja yang melihat kemungkaran hendaknya ia mengubah dengan tangannya. Jika dengan tangan tidak mampu, hendaklah ia ubah dengan lisannya; dan jika dengan lisan tidak mampu maka ubahlah dengan hatinya; dan ini adalah selemah-lemah iman.” [HR. Muslim]

Cukup jelas bagi kita bahwa dakwah adalah aktivitas wajib bagi seluruh kaum muslimin, baik laki-laki maupun perempuan, miskin ataupun kaya dakwah adalah kewajiban.

Dakwah juga merupakan wujud kepedulian kita kepada sesama umat manusia, dimana kita menginginkan keselamatan itu tidak hanya ada pada diri kita, namun kita juga menginginkan hal tersebut dirasakan oleh orang-orang disekitar kita.

Dengan dakwah juga maka Islam sebagai agama rahmatan lil 'alamin dapat terwujud, karena dengan dakwah lah maka Islam dapat menyebar kesluruh penjuru dunia, sehingga Islam dapat dikenal, diemban, dan diamalkan oleh seluruh manusia.

Sungguh beruntung orang-orang yang sudah memahami akan hal ini, mengamalkan dan menyebarkan pemahaman bahwa aktivitas dakwah merupakan kewajiban bagi sluruh kaum Muslimin.

Bahkan Allah SWT juga memuji orang-orang yang melakukan aktivitas dakwah ini


“Dan siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh dan berkata, ‘Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri?’.” [Fushshilat:33]

Lantas apalagi yang kita tunggu, fakta kemungkaran begitu nyata di hadapan kita, dan semua itu akan dapat berakhir ketika dakwah hidup di tengah-tengah kita, mulai dari sekarang, mari kita jadika dakwah sebagai aktivitas utama kita. Semoga Allah SWT memberikan pertolongan atas segala aktivitas kebaikan kita, atas aktivitas dakwah kita. Aamiin

Wallahu'alam bishowab.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;